mediajava

blog berita,info,Herbal,news,iklan

Cara Alami Lawan Rasa Ngantuk

Saat menjelang dan setelah makan siang sebagian besar orang pasti akan dilanda rasa kantuk dan berusaha keras membuat matanya terjaga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat mata tetap terjaga.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa kantuk, seperti kurang tidur, kelelahan, bosan atau kurang oksigen. Dan sebagian besar orang mengatasinya dengan cara minum kopi.

Seperti dikutip dari WebMD, Kamis (6/1/2011) ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk membuat mata terjaga, yaitu:
1. Bangun dari tempat duduk dan bergerak atau berjalan
Studi yang dilakukan Robert Thayer, PhD dari California State University, Long Beach menunjukkan berjalan selama 10 menit bisa meningkatkan energi selama 2 jam. Hal ini karena dengan berjalan singkat, oksigen akan dipompa ke pembuluh darah, otak dan otot. Berjalan atau bergerak selama 10 menit akan membuat orang tetap terjaga dan segar.

2. Mengambil tidur siang sejenak
Tidur siang yang dilakukan sebaiknya hanya 5-25 menit saja dan tidak lebih dari itu, serta tidur di meja kerja bukanlah ide yang baik. Jika tidak bisa tidur siang, cobalah beristirahat dengan tenang selama 10 menit sambil menutup mata, hal ini juga bisa membantu.

3. Mengistirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Terus menerus menatap komputer akan menyebabkan mata lelah dan bisa memperburuk rasa kantuk. Cobalah berpaling dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala agar mata menjadi lebih santai.

4. Cobalah memulai percakapan
Terlibat dalam sebuah percakapan bisa membuat pikiran bergerak kembali dan termasuk dalam stimulator perilaku yang sangat kuat. Berbicaralah dengan rekan kerja mengenai hal apapun.

5. Cobalah menarik napas secara dalam
Bernapas secara dalam bisa meningkatkan kadar oksigen darah di dalam tubuh, sehingga memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, memperbaiki sirkulasi dan membantu kinerja kerja. Cobalah duduk tegak dengan satu tangan di perut tepat di bawah tulang rusuk dan tangan satu lagi di dada. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan tanpa membuat dada bergerak.

6. Mengganti tugas untuk merangsang pikiran
Pekerjaan yang monoton bisa membuat seseorang mengantuk dan tertidur, karenanya cobalah mengganti tugas yang dilakukan untuk merangsang pikiran dan membuatnya tetap terjaga.

7. Mengonsumsi air untuk mencegah dehidrasi
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan yang berujung pada serangan rasa kantuk. Pastikan tubuh mendapat cairan yang cukup dari air serta makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan dan sayur.

8. Mengonsumsi cemilan sehat untuk meningkatkan energi
Cemilan yang manis bisa memberikan dorongan energi dengan cepat. Makanan yang bisa memberikan energi dengan baik, secara menyeluruh dan jangka panjang seperti yogurt, buah segar, baby wortel atau selai kacang dengan cracker gandum.(klinikpasutri.co.id)

24/03/2011 - Posted by | Sekilas info | , , , , , , , , , , , , , , , ,

1 Comment

  1. assalamualaikum Selamat sore
    Blognya bagus sekali untuk inspirasi, artikelnya juga menarik dan oke banget untuk dishare dengan yang lain.

    Ditunggu kunjungannya untuk saling tukar informasi di http://grosirsandalsehat.wordpress.com

    terima kasih banyak

    Comment by Karunia Mulia Group | 25/03/2011


Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: