mediajava

blog berita,info,Herbal,news,iklan

Tolak Mentah Irak Untuk Bayar Dana Pendudukan Militer Amerika

Irak mengecam usulan seorang anggota Kongres AS yang berkunjung ke Baghdad bahwa pemerintah Irak harus membayar “mega-dollar” yang telah dibelanjakan Washington dalam pendudukan sejak 2003.

Dana Rohrabacher, anggota Kongres Amerika dari kubu Republik berkunjung ke Baghdad, Jumat (10/6) bersama dengan lima anggota kongres lainnya.

Reuters melaporkan, Juru Bicara Pemerintah Irak, Ali al-Dabbagh, (10/6) menilai usulan Rohrabacher itu “tidak bertanggung jawab,” seraya menegaskan bahwa anggota Kongres AS itu tidak disambut di Irak.

Dikatakan al-Dabbagh, “Mereka sengaja mengangkat isu kontroversial yang akan mempengaruhi hubungan strategis antara Irak dan Amerika Serikat. Mereka menuntut kompensasi perang dan kami tidak berkewajiban membayar apapun kepada siapa saja yang terlibat dalam invasi ke Irak.” Setelah pernyataana al-Dabbagh itu, Kedutaan Besar Amerika di Irak menyatakan bahwa usulan Rohrabacher itu tidak mewakili sikap resmi Washington karena semata-mata pendapat pribadinya.

Rohrabacher menyampaikan pendapatnya kepada wartawan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki. Usulan miring Dana itu muncul di saat Washington dan Baghdad tengah membahas penarikan pasukan militer AS dari Irak hingga akhir tahun ini.

Amerika Serikat bersikeras untuk menjaga sekitar 50.000 pasukannya di Irak untuk waktu yang lebih lama sementara para pejabat Irak menekankan bahwa mereka harus ditarik mundur sesuai dengan kesepakatan keamanan SOFA yang ditandatangani kedua negara.(irib/mz/mf)

13/06/2011 - Posted by | Sekilas info | , , , , , , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: