mediajava

blog berita,info,Herbal,news,iklan

Hubungan Erat Israel-Saudi Dibongkar WikiLeaks

WikiLeaks merilis dokumen yang menguak sebuah aliansi erat antara rezim Zionis Israel dan Arab Saudi. Hubungan itu bahkan telah mempengaruhi Riyadh dalam menjalin hubungan dengan negara-negara regional.
Salah satu kabel yang dikirim dari Tel Aviv pada Maret 2009, mengacu pada pertemuan antara Asisten Menteri Luar Negeri AS Urusan Timur Dekat, Jeffrey Feltman dan Deputi Menteri Luar Negeri Bidang Timur Tengah, Yacov Hadas-Handelsman, harian Mesir, al-Masry al-Youm melaporkan pada Selasa (14/6). Pertemuan, yang melibatkan para pejabat tinggi Israel lainnya, membahas masalah hubungan Tel Aviv dengan negara-negara Teluk Persia dan situasi di Lebanon, Suriah, Mesir dan Iran.

Pada kesempatan itu, Hadas-Handelsman mengaku memiliki komunikasi rahasia dengan Arab Saudi melalui berbagai saluran. Ditambahkannya, hubungan antara Qatar dan Israel bahkan terpengaruh oleh keyakinan Doha bahwa Tel Aviv mempertahankan hubungan rahasia dan kuat dengan Riyadh.

Saudi selalu berhati-hati untuk tidak memiliki komunikasi langsung dan terbuka atau hubungan dengan Israel karena posisinya di dunia Muslim. Namun, pada tahun 2002, Saudi memperpanjang sebuah inisiatif yang akan menormalkan hubungan dengan Israel dengan syarat penarikan pasukan Zionis ke perbatasan tahun 1967 dan mengakhiri konflik Israel-Palestina. Inisiatif itu ditegaskan kembali pada tahun 2007, namun tidak ada kemajuan yang dicapai.

Kabel WikeLeaks juga menekankan bahwa meskipun terjadi perkembangan di kawasan baru-baru ini, Israel terus menikmati hubungan mantap dengan negara-negara Arab. (IRIB/RM/PH)

15/06/2011 - Posted by | Mutiara Hikmah, Sekilas info | , , , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: