mediajava

blog berita,info,Herbal,news,iklan

Peran Inggris di Bahrain Akan Digugat Ke ICC

Sekelompok pengacara akan menggugat Inggris ke Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) di Den Haag atas perannya dalam penumpasan brutal terhadap demonstran Bahrain.

Pengacara dari Lebanon, Spanyol, Perancis dan Italia menuduh Inggris menjual senjata, termasuk senapan penembak jitu kepada rezim Manama dan memberi pelatihan kepada polisi Bahrain, yang akhirnya menggunakan taktik kejam terhadap pengunjuk rasa anti pemerintah, seorang koresponden Press TV melaporkan pada hari Sabtu (18/6).

Berkas perkara itu menargetkan pejabat pemerintah dan Departemen Pertahanan Inggris. Bukti-bukti yang dilimpahkan ke ICC antara lain, kesaksian mengerikan, catatan medis dan bukti fotografis, yang digambarkan sebagai kejahatan kemanusiaan. “Kita tahu bahwa Inggris telah melatih polisi Bahrain tentang bagaimana menangkap dan menghentikan protes di Bahrain,” kata Kepala Koalisi Internasional Anti Impunitas, May El Khansa.

ICC berjanji untuk memeriksa berkas tersebut pada bulan depan, namun belum jelas apakah akan membuka penyelidikan atas kasus ini. Koalisi pengacara sekarang berharap bahwa ICC akan merujuk kasus itu ke PBB untuk investigasi lebih lanjut.

Inggris memiliki sejarah panjang campur tangan di Bahrain, yang berada di bawah kekuasaan negara itu selama hampir 150 tahun. Selama abad ke-18, Inggris telah membantu mendirikan Dinasti Al Khalifa di Bahrain, yang memerintah seperti sistem kerajaan Inggris.

Bahrain juga menjadi tempat bagi pangkalan angkatan laut Armada Kelima Amerika Serikat di Teluk Persia. Ribuan demonstran anti-pemerintah telah menggelar protes damai di Bahrain sejak pertengahan Februari, menuntut pengusiran rezim Al Khalifa, yang telah berkuasa ratusan tahun di negara itu.

Pada tanggal 14 Maret, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengerahkan pasukannya untuk membantu pasukan Bahrain dalam menekan protes nasional. Puluhan orang tewas dan banyak lagi ditangkap dalam penumpasan yang didukung Saudi. (irib/rm/ph)

19/06/2011 - Posted by | Sekilas info | , , , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: