mediajava

blog berita,info,Herbal,news,iklan

Jangan Sampai Salah Berdoa, Bisa-Bisa Anda Mengharapkan Bencana

Diriwayatkan Sy.Ar-Ridha sa berkata; “Sy. Ali Zainal Abidin melihat seorang yang tengah bertawaf di Ka’bah sambil berdoa ya Allah aku memohon kesabaran dari-Mu, maka [Imam] Ali Zainal Abidin menepuk pundak orang itu dan berkata: sesungguhnya kau telah meminta bencana (bala’)dari Allah Swt. Katakan,”Ya Allah!Kami memohon keselamatan dan syukur atas keselamatan dari-Mu, karena sesungguhnya mensyukuri keselamatan lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana.”
Ulama menjelaskan hadist tersebut dan mengatakan, “Ada tiga jenis kesabaran. Kesabaran dalam ketaatan, kesabaran dalam maksiat, dan kesabaran dalam musibah. Permohonan kesabaran berarti agar hati dapat menghadapi bencana yang datang menimpa. Berarti doa diberi kesabaran pada hakikatnya adalah doa yang mengharapkan bencana. Oleh karena itu Sy. Ali Zainal Abidin menilai orang itu sedang meminta bencana pada dirinya.”
“Doa yang harus dibaca adalah agar Allah Swt memberikan kita keselamatan dan pensyukuran nikmat keselamatan tersebut. Doa ini adalah kebalikan doa yang meminta mengharapkan bencana itu.”
“Ini adalah riwayat yang dalam maknanya. Penyukuran atas nikmat keselamatan yang diberikan oleh Allah Swt lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana. Karena ketika menghadapi bencana, seseorang tidak memiliki pilihan lain. Bencana itu menimpa, lalu apa yang harus ia lakukan? Kesabaran menghadapi bencana tidak memiliki nilai tinggi [karena faktor keterpaksaan]. Nilainya juga sekadar pada tidak bingung dan kalut saja. Akan tetapi ketika Allah Swt memberikan nikmat keselamatan kepada kita dan pensyukuran atas nikmat tersebut ada di tangan kita, maka nilai syukur tersebut lebih tinggi dari kesabaran menghadapi bencana.”
“Kita harus belajar cara berdoa dengan benar dari para wali Allah. Kita tidak tahu bagaimana kita harus berdoa. Para wali Allah akan menilai kita dari sisi keimanan dan mereka yang akan mengajarkan kepada kita bagaimana cara berdoa.” (irb/prs)

Advertisements

17/03/2012 - Posted by | Mutiara Hikmah | , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: